Kamis, 03 Desember 2020 Perhatian : Pengambilan berita kabarriau.net harus mencantumkan kabarriau, boleh krN, atau kami akan menuntut sesuai UU No.12 Thn 1997 tentang Hak Cipta
 
"Lahan Terbakar" Di KM 3 Lintas Dayun-Tanjung Buton
Senin, 18 Maret 2013 - 23:23:19 WIB

Kabar Riau - Siak
Camat Dayun, Marwoto, Badan Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Siak, Irwan Pryatna, bersama Tem bersemangat dalam upaya memadakan api.
TERKAIT:

Dayun
Lahan Gambut di areal kilometer 3 jalan lintas Dayun Tanjung Buton terbakar, Senin (18/3). Sebanyak 10 anggota pemadam kebakaran berupaya memadamkan api.
Terlihat Pula Camat Dayun, Marwoto, Badan Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Siak, Irwan Pryatna.

Dikatakan camat, api ini akan segera di padamkan karena berpotensi meluas ke hutan dan perkebunan masyarakat. Selain itu, lahan yang ada adalah tanah gambut. Jika sudah terbakar, perlu upaya keras untuk memadamkannya.

Saat ini belum di ketahui dari mana api berasal. Namun di imbaunya masyarakat tidak sembarangan membakar lahan, karena dapat merusak alam. Apalagi, di belakang areal tersebut ada hutan belukar dan perkebunan sawit masyarakat.

Dari pantauan lapangan, tampak lebih kurang 3 hektar lahan terbakar. Lahan tersebut terus mengeluarkan asap walaupun sudah di siram. Di samping kiri dan kanan lahan yang yang terbakar sudah ada kebun kelapa sawit. Sementara, di belakangnya masih hutan. Sayangnya, tidak di temukan pemilik lahan saat pemadaman berlangsung.

Irwan Pryatna mengatakan, dalam dua minggu terakhir sudah 7 kali terjadi kebakaran lahan. Hal itu terjadi di empat kecamatan, yakni kecamatan Koto Gasib, Mempura, Sungai Apit dan Dayun. Dalam dua hari yang lalu ada 3 kali kebakaran di kecamatan Sungai Apit, "ungkapnya.

Irwan mengatakan, tidak mungkin api timbul karena alam. Apalagi, akhir-akhir ini tidak ada petir yang menimbulkan api.

Selanjutnya ia mengatakan, jika masyarakat melakukan pembakaran lahan dengan sengaja dan ketahuan, harus di tindak secara hukum, yang beratnya sesuai kerugian Negara, kami mengimbau masyarakat berhati-hati, jangan sampai kelalaianya, seperti membuang puntung rokok sembarangan, yang berujung mengakibatkan kebakaran.*krN/Hr

(3677) Dibaca

 
Komentar Anda :
 




 
Redaksi | Index Berita | RSS | E-mail | Index Iklan Copyright © 2010-2018 by KabarRiau.net. All Rights Reserved