Kamis, 28 Maret 2024 Perhatian : Pengambilan berita kabarriau.net harus mencantumkan kabarriau, boleh krN, atau kami akan menuntut sesuai UU No.12 Thn 1997 tentang Hak Cipta
 
3 bulan yang lalu Auman harimau terdengar, “Apakah ada kaitan dengan pilkada Rohil ?”
HARIMAU DATUK PANGLIMO KUMBANG PENJAGA KAMPUNG KEPENGHULUAN PARIT AMAN
Sabtu, 13 Februari 2021 - 09:03:13 WIB

kabarriau.net - Peristiwa
Bakhtiar dan Syamsul Bahri: Dari cerita nenek kami, Datuk Panglimo Kumbang berasal dari Kota Intan Pasir Pangaraian bersuku Tambusai.
SHARE
   
 

Nara Sumber : Bakhtiar dan Syamsul Bahri
Penulis : Effendi Tanjung

Harimau Belang Tabir, Belang Cecak dan Harimau Kumbang pengawal Datuk Panglima Kumbang masih tetap setia menjaga Kampung Kepenghuluan Parit Aman Bangko Rokan Hilir dari tindakan asusila masyarakat di daerah itu.

Dari cerita nenek kami, ujar Bakhtiar 60, dan Syamsul Bahri 50 penduduk setempat, Datuk Panglimo Kumbang berasal dari Kota Intan Pasir Pangaraian bersuku Tambusai. Masyarakat sekarang ini tidak ada yang tahu kapan Datuk itu datang dan meninggal di parit Aman, tetapi sejak tahun 1925 makam Datuk Panglimo Kumbang itu sudah ada di ujung kampung dan saat ini berada diantara tanaman sawit masyarakat. Jika hujan dan air pasang naik, kawasan itu tenggelam, sedangkan makam Datuk tidak ikut terbenam, tetap kering, sepertinya air pasang tak menyentuhnya.

Dalam cerita turun temurun Datuk Panglimo dalam menghadapi musuh musuh yang mengganggu kampung hanya menggunakan jari telunjuk yang diputar putarnya. Suara yang keluar dari telunjuk itu bagaikan suara kumbang. Langsung dihantamkan ke pihak musuh.

Jika masyarakat tersesat di dalam hutan, kebingungan arah pulang, masyarakat "Berseru" menyebut nama Datuk Panglimo. Tak berapa lama akan terlihat jejak kaki harimau di tanah. Yang tersesat akan mengikuti jejak kaki harimau itu untuk kembali ke kampung. Jika tak ditemui jejak, suara harimau mengaum dari kejauhan akan terdengar sebanyak tiga kali dalam jeda waktu yang tidak terlalu lama. Orang-orang lain tidak akan mendengar Auman harimau ini. Yang tersesat akan ikuti arah suara harimau mengaum untuk kembali ke kampung.

Di sekitar makam Datuk Panglimo Kumbang itu juga sering ditemui masyarakat, Rusa Tinjau Belukar yang dikupingnya ada sarang penyengat. Setinggi tingginya belukar di daerah itu hanya sebatas di bawah pusarnya.

Kampung Parit Aman bagai ada yang menjaga dan memberi khabar tentang sesuatu hal yang akan terjadi di kampung itu. Perbuatan tak senonoh terutama tentang pencabulan, harimau pengawal Datuk Panglimo Kumbang akan datang.

Bakhtiar dan Syamsul Bahri mengatakan, tiga bulan yang lalu Auman harimau terdengar di kampung itu. Apakah ada kaitan dengan pilkada Rohil atau ada hal lain belum diketahui dengan pasti, "semoga tidak ada hal-hal yang menyusahkan masyarakat," pinta mereka.***krN

(3840) Dibaca

 
Komentar Anda :
 




 
Redaksi | Indeks Berita | RSS | Indeks Iklan Copyright © 2010-2023 by KabarRiau.net. All Rights Reserved